PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
SATUAN ACARA PERKULIAHAN :
•
Mata Kuliah : Filsafat Pendidikan
•
Semester : Ganjil/III
•
Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah
Dasar
•
Bobot SKS : Dua (2) SKS
•
Dosen Pengampuh : Prof. Dr. H. Wr. Hendra
Saputra, M. Hum
Kompetensi :
Mahasiswa dapat memahami konsep dasar
filsafat pendidikan serta dapat menerapkannya dalam pembelajaran dan dapat
mengimplementasikan dalam proses kehidupan sebagai anggota masyarakat yg berada
dalam komunitas, praktisi pendidikan
Deskripsi
Mata Kuliah :
Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami
ruang lingkup filsafat pendidikan dan berbagai masalah, persoalan sekaligus
dapat mengembangkan materi-materi pendidikan secara mendalam sehingga mampu
membangun pemahaman struktur subtantif pendidikan.
Pendekatan/Metode
:
Jigsaw, Simulasi, Ceramah, Tanya Jawab,
Diskusi
Evaluasi
Penilaian :
Kehadiran (10%)
Tugas (15%)
Ujian Tengah Semester (25%)
Ujian Akhir Semester (50%)
Note : Selain kriteria evaluasi
penilaian diatas, kehadiran mahasiswa di kelas adalah harus aktif, kreatiif dan
inovatif.
Rencana Pertemuan Tatap Muka :
- Materi
: Ta’aruf, Kontrak Belajar, SAP, Diskusi Lepas Ilmu Pendidikan. (Dosen)
- Materi
: Pengertian dan Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan (Dosen)
- Latar
Belakang Munculnya Filsafat Pendidikan (Dosen)
- Aliran
Filsafat Pendidikan Modern ditinjau dari ontologi, epistemologi dan aksiologi.
(Kel-I)
- Hubungan
Antara Filsafat Manusia dan Pendidikan (Dosen)
- Filsafat
Pendidikan Pancasila (Kel-II)
- Pendidikan
Sebagai Upaya membangun sikap kebangsaan melalui Nilai-Nilai kemajemukan
menuju integrasi bangsa (Kel-III)
- Ujian
Tengah Semester (Dosen)
- Filosofi
Dan Teori Pendidikan Untuk Membangun Pendidikan Ke Arah Masyarakat
Indonesia Baru (Dosen)
- Pendidikan Sebagai Upaya Membangun Sikap
Kebangsaan Melalui Nilai-Nilai Pluralitas Budaya Bangsa (Kel-IV)
- Kebijakan Pendidikan Nasional Sebagai
Proses Peningkatan Martabat Bangsa (Dosen)
- Hubungan
Politik dan Pendidikan (Kel-V)
- Fungsi Politik Institusi Pendidikan
(Dosen)
- Kebijakan Pendidikan Nasional
Menghadapi Tantangan Global
(Kel-VI)
- Filsafat Dan Teori Pendidikan Pemikiran
Untuk Membangun Masyarakat Indonesia Baru (Dosen)
- Ujian Akhir Semester (Dosen)
Daftar
Refrensi buku :
1. Al-Qurannul
Karim & Al-Hadist
2. Abu
Bakar 1991 Sejarah Filsafat Islam. Solo: Ramadhani
3. Ahmad,
D.M. 1974. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: FT. Al-Ma’arif
4. Ali,
H. 1990 Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Kota Kembang
5. Ali,
Saifullah, H.A.1983. Antara Filsafat dan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
6. Barnadib,
1987. Filsafat Pendidikan: Sistem dan Metode. Yogyakarta: IKIP
7. Barnadib,
1994. Filsafat Pendidikan Sistem & Metode. Yogyakarta: Andi. Offset
8. Djamal,
D 1986. Pokok-Pokok Bahasan Pancasila. Bandung: CV Karya Remadja
9. Djumberansyah,
H.M. 1994 Filsafat Pendidikan. Surabaya: Karya Aditama Djumhur dan Danasputra.
1976. Sejarah Pendidikan Bandung: CV Ilmu
10. Indar,
D.H.M. 1994. Filsafat Pendidikan. Surabaya: Aditama Iskandar, W.S. dan Mulyadi,
U 1988. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta.
11. Dan
Judul Buku-Buku yang relevan dengan materi-materi bahasan.
PENGERTIAN
DAN RUANG LINGKUP FILSAFAT PENDIDIKAN
A. Filsafat Umum
1. batasan :
a. Filsafat adalah studi tentang kebenaran
alam semesta dan isinya
b. Karakteristik telaah filosofis 1.
kritis, 2. spekulatif, 3. fenomenologis 4. normatif.
2. Objek
3. Cabang : a.
Metafisika; 1. ontologi, 2. teologi, 3. kosmologi, 4. humonologi.
b. Epistimologi
c. Aksiologi
4. Aliran-aliran
filsafat umum
a. Idealisme
b. Realisme
c. Neo thomisme
d. Eksperimentalisme
e. eksistensialisme
5. Impikasi
dalam praktek pendidikan
a. Konsep-konsep filsafat umum menjadi dasar
penyelenggaraan pendidikan.
b. Munculnya sekolah-sekolah percobaan
contoh : home schooling
6. Implikasi
dalam pengembangan teori pendidikan
a. Munculnya filsafat pendidikan yg di
pelopori oleh plato.
b. Lahir dan berkembangnya majhab/aliran filsafat
pendidikan antara lain 1. 1. 1. Filsafat pendidikan idealisme
2. Filsafat
pendidikan realisme
3. Filsafat
pendidikan eksperimentalisme
4. Filsafat
pendidikan eksternalisme
b. Pengertian filsafat
c. Pengertian filsafat pendidikan
d. Ruang lingkup bahasan filsafat dan
filsafat pendidikan
e. Hubungan filsafat dengan filsafat
pendidikan.
keren kk artikel tugas makalahnya :)
BalasHapus