Kamis, 01 November 2012

FILSAFAT PENDIDIKAN


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA

SATUAN ACARA PERKULIAHAN :
      Mata Kuliah                : Filsafat Pendidikan
      Semester                      : Ganjil/III
      Program Studi             : Pendidikan Guru Sekolah
                                           Dasar
      Bobot SKS                  : Dua (2) SKS
      Dosen Pengampuh      : Prof. Dr. H. Wr. Hendra
                                          Saputra, M. Hum
Kompetensi :
Mahasiswa dapat memahami konsep dasar filsafat pendidikan serta dapat menerapkannya dalam pembelajaran dan dapat mengimplementasikan dalam proses kehidupan sebagai anggota masyarakat yg berada dalam komunitas, praktisi pendidikan
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami ruang lingkup filsafat pendidikan dan berbagai masalah, persoalan sekaligus dapat mengembangkan materi-materi pendidikan secara mendalam sehingga mampu membangun pemahaman struktur subtantif pendidikan.
Pendekatan/Metode :
Jigsaw, Simulasi, Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
Evaluasi Penilaian :
Kehadiran (10%)
Tugas (15%)
Ujian Tengah Semester (25%)
Ujian Akhir Semester (50%)
Note : Selain kriteria evaluasi penilaian diatas, kehadiran mahasiswa di kelas adalah harus aktif, kreatiif dan inovatif.
Rencana Pertemuan Tatap Muka :
  1. Materi : Ta’aruf, Kontrak Belajar, SAP, Diskusi Lepas Ilmu Pendidikan. (Dosen)
  2. Materi : Pengertian dan Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan (Dosen)
  3. Latar Belakang Munculnya Filsafat Pendidikan (Dosen)
  4. Aliran Filsafat Pendidikan Modern ditinjau dari ontologi, epistemologi dan aksiologi. (Kel-I)
  5. Hubungan Antara Filsafat Manusia dan Pendidikan (Dosen)
  6. Filsafat Pendidikan Pancasila (Kel-II)
  7. Pendidikan Sebagai Upaya membangun sikap kebangsaan melalui Nilai-Nilai kemajemukan menuju integrasi bangsa (Kel-III)
  8. Ujian Tengah Semester (Dosen)
  9. Filosofi Dan Teori Pendidikan Untuk Membangun Pendidikan Ke Arah Masyarakat Indonesia Baru (Dosen)
  10.  Pendidikan Sebagai Upaya Membangun Sikap Kebangsaan Melalui Nilai-Nilai Pluralitas Budaya Bangsa (Kel-IV)
  11.  Kebijakan Pendidikan Nasional Sebagai Proses Peningkatan Martabat Bangsa (Dosen)
  12. Hubungan Politik dan Pendidikan (Kel-V)
  13.  Fungsi Politik Institusi Pendidikan (Dosen)
  14.  Kebijakan Pendidikan Nasional Menghadapi   Tantangan Global (Kel-VI)
  15.  Filsafat Dan Teori Pendidikan Pemikiran Untuk Membangun Masyarakat Indonesia Baru (Dosen)
  16.  Ujian Akhir Semester (Dosen)
Daftar Refrensi  buku :
1.      Al-Qurannul Karim & Al-Hadist
2.      Abu Bakar 1991 Sejarah Filsafat Islam. Solo: Ramadhani
3.      Ahmad, D.M. 1974. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: FT. Al-Ma’arif
4.      Ali, H. 1990 Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Kota Kembang
5.      Ali, Saifullah, H.A.1983. Antara Filsafat dan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
6.      Barnadib, 1987. Filsafat Pendidikan: Sistem dan Metode. Yogyakarta: IKIP
7.      Barnadib, 1994. Filsafat Pendidikan Sistem & Metode. Yogyakarta: Andi. Offset
8.      Djamal, D 1986. Pokok-Pokok Bahasan Pancasila. Bandung: CV Karya Remadja
9.      Djumberansyah, H.M. 1994 Filsafat Pendidikan. Surabaya: Karya Aditama Djumhur dan Danasputra. 1976. Sejarah Pendidikan Bandung: CV Ilmu
10.  Indar, D.H.M. 1994. Filsafat Pendidikan. Surabaya: Aditama Iskandar, W.S. dan Mulyadi, U 1988. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta.
11.  Dan Judul Buku-Buku yang relevan dengan materi-materi bahasan.


















PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP FILSAFAT PENDIDIKAN

A. Filsafat Umum
1. batasan :
      a. Filsafat adalah studi tentang kebenaran alam semesta dan isinya
      b. Karakteristik telaah filosofis 1. kritis, 2. spekulatif, 3. fenomenologis 4. normatif.
2. Objek
3. Cabang : a. Metafisika; 1. ontologi, 2. teologi, 3. kosmologi, 4. humonologi.
      b. Epistimologi
      c. Aksiologi
4. Aliran-aliran filsafat umum
      a. Idealisme
      b. Realisme
      c. Neo thomisme
      d. Eksperimentalisme
      e. eksistensialisme
5. Impikasi dalam praktek pendidikan
      a. Konsep-konsep filsafat umum menjadi dasar penyelenggaraan pendidikan.
      b. Munculnya sekolah-sekolah percobaan contoh : home schooling
6. Implikasi dalam pengembangan teori pendidikan
      a. Munculnya filsafat pendidikan yg di pelopori oleh plato.
      b. Lahir dan berkembangnya majhab/aliran filsafat pendidikan antara lain 1. 1. 1. Filsafat pendidikan idealisme
2. Filsafat pendidikan realisme
3. Filsafat pendidikan eksperimentalisme
4. Filsafat pendidikan eksternalisme

b. Pengertian filsafat
c. Pengertian filsafat pendidikan
d. Ruang lingkup bahasan filsafat dan filsafat pendidikan
e. Hubungan filsafat dengan filsafat pendidikan.















1 komentar: